10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika [Kesempatan Kerja]

Posted on

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang ada di dalam fakultas teknik. Jurusan Teknik Informatika ini memang menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa beberapa tahun belakangan ini. Yang mana memang seiring dengan perkembangan teknologi dan semua yang serba digital maka prospek kerja ataupun prospek untuk masa depan dari jurusan Teknik Informatika ini memang cukup bagus dan cukup menjanjikan sekali.

Teknik Informatika sendiri merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang komputasi, sistem perangkat keras (hardware), maupun sistem perangkat lunak (software). Yang mana salah satu kunci di dalam Teknik Informatika ini yaitu adalah belajar tentang bagaimana penerapan logika matematika di dalam pengelolaan informasi yang bisa meliputi transformasi data maupun pengolahan fakta simbolik yang memanfaatkan teknologi komputer dengan semaksimal mungkin.

Berbicara mengenai prospek ke depannya atau tentang masa depan dari jurusan Teknik Informatika ini memang sangat bagus sekali. Hal ini seperti yang sudah saya katakan sebelumnya yaitu karena memang dunia teknologi sekarang berkembang sangat pesat sekali sehingga akan banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan Teknik Informatika.

Mau tahu kira-kira prospek kerja atau peluang kerja apa saja yang tersedia atau cocok bagi jurusan Teknik Informatika? Berikut akan saya berikan informasi tentang prospek kerja bagi jurusan Teknik Informatika.

10 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

1. Programmer

Portrait of young programmer working in office

Para lulusan Teknik Informatika rata-rata telah mahir untuk membuat sebuah program. Yang mana hal ini bisa sangat berguna sekali bagi prospek untuk ke depannya. Sebab dengan perkembangan dunia teknologi seperti sekarang ini dimana mayoritas masyarakat sudah mengenal smartphone dan Android maka pekerjaan sebagai seorang programmer ini akan sangat dibutuhkan sekali.

Baca Juga :  Gambar, Struktur dan Fungsi Organel Sel

Seorang programmer harus dapat menguasai berbagai macam bahasa pemrograman yang baik dan benar, dan juga harus bisa membuat sebuah program untuk perangkat lunak di Android mulai dari nol. Sebab saat ini Android merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

2. Software Tester

@id.techinasia

Software tester atau penguji perangkat lunak merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Yang mana pekerjaan sebagai software tester ini dilakukan guna memperoleh informasi mengenai kualitas dari sebuah produk atau sebuah layanan yang ada di dalam salah satu software atau perangkat lunak yang sedang di dalam tahap pengujian.

Atau mungkin lebih spesifiknya pekerjaan sebagai software tester ini memiliki tugas untuk mengeksekusi dan menganalisa sebuah perangkat lunak untuk menemukan kesalahan atau cacat yang ada di dalam perangkat lunak tersebut.

3. IT Consultant

@business-insurance.aon

Tugas dari seorang IT Consultant atau sistem analisis IT ini yaitu adalah melakukan analisa terhadap sebuah program atau sistem yang berbasis teknologi dan informasi yang ada di dalam sebuah perusahaan atau sebuah instansi. Dari hasil analisa yang telah diperoleh ini maka nantinya seorang IT Consultant akan berusaha untuk menemukan solusi serta jalan keluar yang tentunya mengutamakan teknologi dengan memanfaatkan software yang direkomendasikannya. Disinilah kemampuan seseorang tentang menganalisa sangat diperlukan dan dibutuhkan.

4. Database Engineer

@majorfinder

Pekerjaan sebagai database engineer ini merupakan sebuah pekerjaan yang masih berhubungan dengan software dan pengembangannya. Akan tetapi untuk database engineer ini hanya akan lebih fokus pada pengembangan data basenya saja. Yang mana data-data yang ada di sebuah perusahaan akan dirancang dan dipelihara dengan sebaik mungkin supaya tidak berantakan dan tertata dengan rapi.

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi Cegukan Secara Ampuh dan Manjur

Sehingga hal ini akan mencegah untuk terjadinya kehilangan maupun kasus pencurian data pada sebuah perusahaan. Keahlian di bidang database ini sangat dibutuhkan sekali, terutama di dalam industri telekomunikasi.

5. Tenaga Pendidik IT

@modulkomputer

Seorang lulusan Teknik Informatika juga bisa menjadi seorang pengajar IT seperti menjadi seorang guru atau dosen. Yang mana mengingat kebutuhan tentang IT kini sudah sangat dibutuhkan dan diperlukan untuk ke depannya, maka tak heran jika sekarang pendidikan tentang IT ini sudah dikenalkan kepada siswa sekolah sejak dini.

Pekerjaan ini memang cocok sekali buat kalian yang memang tidak suka duduk lama di depan komputer. Kalian pun bisa mencoba mendaftar menjadi tenaga pengajar di tingkat SD untuk menjadi pengajar di bidang IT ini jika tertarik.

6. Software Engineer

@skywell.software

Seorang software engineer ini memiliki tugas untuk mengembangkan perangkat lunak atau software untuk menjadi berbagai macam keperluan atau kebutuhan yang bisa digunakan untuk mempermudah atau membantu pekerjaan. Sehingga untuk menjadi seorang software engineer maka diperlukan sebuah skill yang benar-benar mumpuni dan juga pemahaman di dalam ilmu teknik informatika yang bagus.

Sebab tugas utama dari seorang software engineer ini yaitu adalah mengembangkan sebuah program yang telah dibuat oleh seorang programmer. Yang mana tujuan dari pengembangan sebuah program ini yaitu adalah untuk menghasilkan kinerja yang efektif pada suatu program yang telah dibuat oleh programmer sebelumnya.

7. Programmer Freelance

@blog.payoneer

Pekerjaan sebagai seorang Programmer Freelance ini merupakan pekerjaan yang paling fleksibel. Dimana pekerjaan ini bisa dilakukan dimana saja selama terhubung dengan koneksi internet. Adapun bidang di dalam pekerjaan sebagai seorang programmer freelance ini sangat banyak sekali, diantaranya yaitu seperti jasa pembuatan aplikasi android, jasa layanan pembuatan program skripsi, jasa pembuatan website, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Pengertian Konservasi [Jenis dan Contoh]

Akan tetapi salah satu tantangan terbesar dari seorang programmer freelance ini yaitu adalah pendapatan yang tidak pasti. Yang mana hal ini mirip dengan berdagang, apabila mendapat banyak orderan maka akan mendapat banyak keuntungan tapi jika sepi orderan maka juga akan mendapat sedikit keuntungan atau bahkan tidak ada sama sekali.

8. Game Developer

@talentlyft

Pekerjaan ini juga sangat cocok dengan lulusan Teknik Informatika, terutama yang menguasai kemampuan komputer grafis. Yang mana tugas dari seorang game developer ini yaitu adalah membuat atau mengembangkan software untuk membuat sebuah game. Jika game yang dibuat tersebut laku di pasaran dan banyak dimainkan oleh masyarakat maka seorang game developer akan mendapat keuntungan yang sangat besar sekali.

9. Teknisi Komputer

@mediaedutama

Di dalam ilmu Teknik Informatika memang tidak diajarkan secara khusus tentang cara merakit komputer, memperbaiki komputer, instalasi komputer. Namun biasanya kemampuan ini didapatkan secara otodidak. Namun sebagian besar lulusan Teknik Informatika ini pasti paham dengan perbaikan komputer tingkat dasar. Sehingga hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka sebuah jasa perbaikan komputer maupun laptop.

10. Web Designer

@hdmarketingdesign

Pekerjaan ini cocok buat lulusan Teknik Informatika yang memiliki kemampuan di bidang design. Yang mana tugas dari seorang web designer ini yaitu adalah merancang suatu website dan akan bekerja bersama-sama dengan seorang web programmer.

Related posts: