Contoh Berita Acara Yang Baik Dan Benar

Posted on

Berita tentu sudah menjaid hal yang tidak asing lagi bagi kalian semua bukan. Berita ini merupakan sebuah informasi yang biasanya berisikan sebuah fakta ataupun hanya sebuah opini saja dari sang penulis berita. Berita ini banyak sekali jenisnya. Dan salah satu jenis berita yang akan saya bahas disini yaitu adalah berita acara.

Apakan kalian tahu apa yang dimaksud dengan berita acara ini? Pada umumnya berita acara ini merupakan sebuah berita atau informais yang dibuat setelah kalian selesai melakukan sebuah aktivitas atau kegiatan. Yang mana biasanya di dalam sebuah berita acara ini akan terdapat suatu pernyataan pengesahan berhubungan dengan sebuah kegiatan, kejadian, rapat, serah terima barang, kerusakan, maupun peristiwa atau kejadian.

Lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan berita acara ini? Dan apa saja contoh-contoh dari berita acara ini? Berikut ini akan saya berikan sedikit materi penjelasan mengenai apa itu yang dimaksud dengan berita acara dengan singkat, padat, dan jelas supaya kalian semua yang membacanya mudah untuk mengerti dan memahaminya.

Pengertian Berita Acara

@panwasnonggunong

Berita cara adalah sebuah sajian catatan yang memiliki penjelasan yang lengkap di dalamnya. Selain itu struktur yang ada di dalam berita acara ini juga sangat baik dan sangat jelas sekali. Latar belakang atau kronologi yang berupa sebuah surat atau naskah yang menjelaskan tentang berbagai macam kejadian peristiwa, kegiatan, rapat, serah terima barang, dan kerusakan.

Biasanya sebuah berita cara akan bisa disimpulkan setelah melakukan beberapa kegiatan atau aktivitas. Yang mana dari kegiatan atau aktivitas tersebut di dapat suatu kesiumpulan terkait dengan kejadian yang terjadi selama kegiatan berlangsung.

Yang kemudian rincian peristiwa atau kejadian yang ada di dalam kegiatan tersebut akan dituliskan di dalam sebuah teks naskah maupun surat dengan secara rinci dan tersusun dengan rapi.

Cara Membuat Berita Acara

@romadecade

Dalam membuat sebuah berita cara tentu kalian tak boleh membuatnya secara sembarangan dan asal-asalan saja. Sebab dalam membuat sebuah berita cara ini ada beberapa poin penting di dalamnya yang harus diperhatikan dan dimengerti sebelum membuat berita acara. Berikut penjelasannya dalam membuat berita acara.

Baca Juga :  Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli [Ciri - Ciri dan Contoh]

1. Seluruh pihak yang terlibat dalam berita cara ini harus benar-benar sesuai dengan apa yang ada pada kenyataannya. Biasanya hal-hal yang perlu dicantumkan yaitu seperti nama, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, alamat rumah, serta beberapa hal lain yang berguna untuk meningkatkan kelengkapan yang ada dalam berita acara tersebut seperti nomor KTP, SIM, dan sebagainya

2. Harus mencantumkan dengan jelas tempat terjadinya peristiwa atau kejadian yang ada di dalam berita cara tersebut. Mulai dari alamat lengkapnya atau bahkan bila perlu tambahkan juga kode posnya

3. Akan lebih baik apabila berita acara tersebut di tanda tangani oleh pihak atau orang yang memiliki keterkaitan dengan acara atau kegiatan tersebut. Sebab hal ini berfungsi sebagai sebuah bukti kebenaran tentang adanya kegiatan atau peristiwa yang dijelaskan di dalam berita acara tersebut

4. Selain itu akan lebih baik juga jika naskah yang ada di dalam berita acara tersebut dicantumkan nama para saksi yang terlibat di dalam kejadian tersebut untuk menambah keakuratan berita acara ini

5. Apabila membuat sebuah berita acara yang berhubungan dengan pekerjaan, serah terima barang, maupun jabatan maka harus membuat penjelasan yang lebih akurat, detail, dan terstruktur dengan jelas

Contoh Berita Acara

1. Berita Acara Kegiatan

BERITA ACARA RAPAT

Dalam rangka menyambut ulang tahun perusahaan, maka pada hari ini:

Hari/Tanggal Jumat, 23 Maret 2018
Jam 08.00 – Selesai
Tempat Aula

Telah dilaksanakan Musyawarah dan diskusi rapat bersama yang dihadiri oleh seluruh staff dan karyawan instansi perusahaan, sebagaimana tercantum dalam draft daftar hadir terlampir.

Unsur Pimpinan Rapat dan Narasumber :

Pemimpin Rapat Irwan Hakim
Sekretaris/ Notulis Setianingrum
Narasumber Bondan Sasongko
Sulaiman
Baharudin
Aminah

 Setelah dilakukan diskusi bersama berkaitan dengan acara menyambut ulang tahun perusahaan, setelah dilakukan rapat diperoleh keputusan yang menyertakan beberapa kesepakatan yaitu :

1. Membuat acara makan bersama di gedung aula perusahaan

2. Meresmikan beberapa keputusan

3. Menyepakati kerjasama perusahaan

Demikian berita acara ini dibuat dan disahkan dengan sebenar-benarnya dan tanggung jawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 20 Maret 2018

Baca Juga :  Cara Password WinRAR ZIP Pada File

Pemimpin Rapat,                                                                               Notulen/Sekretaris,

(Irwan Hakim)                                                                                         (Setianingrum)

Mengetahui dan menyetujui,

Direktur

(Andi F. Noya)

 

2. Berita Acara Kehilangan

PT. Lima Pilar

Jl. Kalimutu No. 56 Riau

Telp. 081097546777 Fax. 012392647389

SURAT BERITA ACARA KEHILANGAN

Surat berita acara kehilangan ini dibuat pada hari Rabu, 18 Juli 2018 , bertempat di Semarang, oleh :

Nama Martinah
Jabatan Managemen
Departemen General Manager

dengan ini menyatakan dengan sejujur-jujurnya bahwa telah kehilangan barang milik perusahaan dengan rincian sebagai berikut :

Jenis Barang LCD
Merek Barang Canon
Tipe KJ24KJI-SX7OPI
Nomor Aset 07/PT-SS/INV-M/09/17

 Yang telah hilang pada hari Sabtu, 14 Juli 2018 di dalam ruangan Adak 2 pada pukul 11.00 WIB. Demikian surat berita acara keterangan hilang ini saya buat dengan sejujur-jujurnya tanpa rekayasa.

Riau, 18 Juli 2017

Yang menyatakan kehilangan,

(Martinah)

 

3. Contoh Berita Acara Kerusakan Barang

BERITA ACARA KERUSAKAN PRINTER SD SETIABUDI KEDUNG ASRI

NO.009/SK/KBJ/GST-MTX/VI/2016

Pada hari ini , Senin, 4 Juni 2018 menerangkan bahwa unit :

Nama Unit UPS
No. Komputer GST/JKT/1378/076B
No. Merek CANON
Kerusakan saat ini Baterai rusak
Penyebab kerusakan Baterai menggembung

Dibuat berita acara kerusakan pada printer perusahaan, yang telah diperiksa oleh bagian pemrograman dan KTU. Di ketahui baterai UPS mengembung karena kelebihan daya pemakaian dan tidak bisa dipakai lagi. Demikian berita acara yang kami buat dengan sebenarnya agar dapat di ketahui bersama.

SD Setia Budi, 4 Juni 2018

Mengetahui,

Rumia (Esatate Manajer)

Diperiksa                                                                                         Dibuat Oleh

Baca Juga :  Proses Terjadinya Tsunami

Tina (Asekp)                                                                                    Anjali (KTU)

 

4. Contoh Berita Acara Jual Beli Tanah

BERITA ACARA JUAL BELI TANAH

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Pihak I

Nama Mustofa Siahaan
Umur 45 Tahun
Pekerjaan Wiraswasta
Alamat Jl. Adipati Jakarta Timur

Selanjutnya pihak pertama telah menjual tanah yang terletak di jalan Panglima. Basuki KM.5,7 Komplek Perumahan Bangun Asri. Dengan ukuran Panjang : 40 Meter Lebar : 25 Meter Luas : 1000 M

Pihak ke II

Nama Amarga Sautang
Umur 54 Tahun
Pekerjaan Swasta
Alamat Jl. Belimbing perum Marga Asri

Selanjutnya pihak ke II telah membayar lunas harga tanah tersebut sebesar Rp. 40.000.000,-(Empat Puluh Juta Rupiah) kepada pihak ke I. Demikianlah berita acara jual beli tanah ini dan ditanda tangani oleh Pihak ke I dan pihak ke II, serta disaksikan dan ditandatangani oleh para saksi ,

12 Mei 2018

Pihak ke I                                                                               Pihak ke II

(Mustofa Siahaan)                                                         (Amarga Sautang)

SAKSI

Rani

Purnomo

Siahaan

Related posts: