Contoh Poster Narkoba [Mempunyai Makna Mendalam]

Posted on

Belakangan ini banyak sekali kita jumpai beberapa gambar-gambar atau poster narkoba. Yang mana di dalam poster tersebut mengandung berbagai macam pesan mengenai bahaya penggunaan narkoba serta pentingnya untuk menghindari narkoba.

Poster-poster tentang narkoba ini pun dibuat agar dapat menyadarkan masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan dan penggunaan narkoba. Serta melalui poster-poster ini orang-orang yang peduli dengan narkoba ingin menyampaikan sebuah pesan bahwa penggunaan narkoba itu tidak ada gunanya dan tidak bermanfaat, justru malah akan bisa menimbulkan masalah gangguan kesehatan bahkan hingga kematian.

Yang mana tentunya poster-poster tentang narkoba ini banyak tertempel dan terpasang dimana-mana. Tak hanya mengenai narkoba, poster-poster yang sering kita jumpai juga banyak yang mengusung atau membahas tentang tema lain seperti politik dan pemerintahan misalnya. Yang mana poster ini seolah menjadi salah satu media untuk rakyat dalam menyampaikan aspirasi dan pendapatnya dengan melalui sebuah karya seni.

Lalu sebenarnya apa sih poster itu? Buat kalian yang mungkin masih bingung dengan yang namanya poster maka disini akan saya berikan sedikit penjelasan atau ulasan mengenai apa itu poster.

Pengertian Poster

@abposters

Poster merupakan sebuah karya seni yang dituangkan di dalam bentuk desain grafis. Yang mana di dalam poster ini berisi gabungan antara gambar yang berbentuk ilustrasi dan gabungan antara huruf, kata, maupun kalimat yang sifatnya mengajak, mengingatkan, maupun melarang. Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, kini poster-poster ini tak hanya dipasang atau ditempel di dinding-dinding saja.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Pengharum Mobil Yang Bagus dan Awet

Melainkan kini poster banyak yang disebarkan melalui sosial media dan internet. Namun juga masih ada poster-poster yang ditempelkan di lokasi-lokasi yang dinilai strategis yang dinilai banyak dilalui oleh banyak orang sehingga poster tersebut akan dapat dilihat oleh banyak orang. Poster ini dapat digunakan atau dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, kegiatan, pengumuman, iklan, sosialisai, dan lain sebagainya.

Ciri – Ciri Poster

@sumberpengertian

1. Sebuah poster biasanya dibuat dengan memiliki inti pesan yang terdiri dari kalimat serta gambar yang dibuat di sebuah media kertas dengan ukuran yang cukup besar

2. Poster biasanya dibuat dengan warna-warna yang mencolok, kontras, dan kuat sehingga akan bisa mengundang banyak orang untuk melihat atau membacanya

3. Penggunaan kata di dalam poster biasanya akan menggunakan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas tentang hal apa yang ingin disampaikan di dalam poster tersebut

4. Di dalam poster kebanyakan akan disertai dengan sebuah gambar ilustrasi yang berfungsi atau berguna sebagai pendukung untuk memperjelas makna tulisan atau kata-kata yang ada pada poster tersebut

5. Poster biasanya diaplikasikan dengan cara ditempel pada bagian dinding, di tempat-tempat umum, serta bisa juga melalui internet atau sosial media

Cara Membuat Poster Yang Baik Dan Benar

@youtube

1. Menentukan Tujuan Dan Topik Yang Akan Disampaikan

Sebelum akan membuat sebuah poster maka kalian harus memastikan terlebih dahulu tentang topik pikiran apa yang akan dituangkan di dalam poster tersebut. Sehingga sebelum akan membuat poster maka kalian harus memerlukan riset terlebih dahulu tentang hal yang akan kalian jadikan topik pada poster tersebut.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Drama Korea Fantasi Romantis [Alur Cerita Unik & Menarik]

Misalnya kalian ingin membuat poster yang bertemakan narkoba maka kalian juga harus melakukan riset kecil-kecilan tentang semua hal yang berhubungan dengan narkoba ini. Selain itu kalian juga harus memikirkan gambar ilustrasi apa yang tepat untuk digambarkan pada poster tersebut.

Dan jangan lupa juga untuk memikirkan tentang masalah publikasi atau jika sudah jadi poster tersebut nantinya akan dipublikasikan atau dipasang di mana.

2. Gunakan Kalimat Singkat Yang Bersifat Sugesti

Poster biasanya hanya akan dibaca secara singkat saja oleh kebanyakan orang dan jarang orang yang mau membaca kalimat yang ada di poster dengan lama. Oleh sebab itulah maka disini untuk membuat sebuah poster kalian harus memilih kalimat yang sangat efektif yang simpleks untuk dibaca oleh banyak orang.

Sebab pada dasarnya jika kalian memberikan bahasa atau kalimat yang singkat di dalam poster tersebut maka pesan yang kalian tulis atau tuangkan di dalam poster tersebut akan dapat tersampaikan dengan baik kepada para pembaca. Namun juga jangan membuat kalimat yang singkat yang terkesan ambigu.

Sebab jika kalimat yang ada di dalam poster tersebut terkesan ambigu maka hal ini justru akan menimbulkan kebingungan bagi orang yang membacanya. Jika demikian maka akibatnya isi pesan yang ingin kalian sampaikan di dalam poster tersebut tidak dapat diterima oleh para pembaca dengan baik dan sesuai dengan apa yang ingin kalian sampaikan. Sebaiknya gunakan kalimat yang bisa mensugesti orang lain agar orang tersebut mau melakukan sesuatu hal seperti yang tertulis pada poster tersebut.

Baca Juga :  Macam Kenalakan Remaja Beserta Contohnya

3. Buat Gambar Yang Menarik

Di dalam sebuah poster tak hanya terdapat pesan yang berupa tulisan kata atau kalimat saja, namun di dalam poster juga biasanya dilengkapi dengan sebuah gambar. Yang mana gambar di dalam poster ini berfungsi sebagai sebuah penjelas dan pendukung untuk pesan yang tertulis di dalam poster tersebut.

Selain itu juga karena banyak orang akan lebih menyukai poster yang bergambar dari pada poster yang tidak memiliki gambar, sebab poster yang bergambar ini akan lebih menarik mata banyak orang untuk melihatnya dan menjadi penasaran sehingga akan membuat orang-orang akhirnya membaca juga apa isi pesan dari poster tersebut.

Proporsi gambar yang digunakan di dalam poster pun biasanya akan lebih besar dari pada proporsi tulisannya. Selain itu juga gambar-gambar yang ada di dalam poster juga akan menggunakan warna-warna yang mencolok. Hal ini bertujuan agar banyak orang yang tertarik untuk melihat poster tersebut dan membacanya.

Contoh Poster Tentang Narkoba

@id.pinterest
@id.pinterest
@id.pinterest
@senibudayaku
@sahabatnesia
@id.pinterest
@poster.antinarkoba
@news.unair
@bnnkgarut
@plus.google

 

Related posts: