10 Daftar Gereja Terbesar Di Dunia [Penjelasan Lengkap]

Posted on

Gereja merupakan tempat berkumpulnya orang-orang percaya untuk bersatu dan bersekutu di dalam Yesus. Lahirnya gereja mula-mula di dunia sendiri terjadi pada waktu setelah terjadinya peristiwa pencurahan roh kudus kepada murid-murid Tuhan atau yang kita kenal dengan nama Pentakosta.

Di dalam gereja mula-mula ini jemaat saling bersekutu di dalam darah dan tubuh Kristus untuk saling memuji dan menyembah serta memuliakan nama Yesus. Seiring dengan semakin banyaknya pengikut Tuhan Yesus di seluruh dunia dan tersebar di seluruh bagian belahan dunia, maka mulai banyak muncul gereja-gereja yang di bangun di dunia.

Gereja-gereja yang di bangun dan berdiri di Eropa memang kebanyakan awalnya adalah gereja Katolik. Namun kemudian setelah terjadinya reformasi gereja di abad ke 16, maka di Eropa juga banyak berdiri gereja-gereja Kristen Protestan serta gereja-gereja Kristen aliran lainnya.

Jika kalian berkunjung ke negara-negara Eropa pasti akan menjumpai banyak bangunan gereja yang sangat besar dan megah dengan arsitektur khas Eropa yang sangat indah dan megah. Berikut ini akan saya berikan informasi tentang beberapa gereja terbesar yang ada di dunia.

10 Gereja Terbesar Di Dunia

1. Basilica Of Sacred Heart (Belgia)

@en.wikipedia

Basilica Of Sacred Heart merupakan sebuah gereja Katolik Roma dan gereja paroki yang terletak di kota Brussels, Belgia. Gereja ini mulai di bangun pada tahun 1905 namun sempat terhenti pembangunannya pada saat terjadi Perang Dunia ke 2 dan kembali dilanjutkan pembangunannya hingga selesai di tahun 1969.

Gereja ini terletak di atas sebuah bukit yang bernama bukit Koekelberg yang letaknya berada di sebelah tenggara kota brussels. Gereja ini memiliki tinggi sekitar 89 meter dan panjangnya sekitar 164,5 meter. Gereja ini dapat menampung sekitar 3500 orang di dalamnya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Susu Untuk Ibu Hamil Yang Bagus

2. Cathedral Of Liverpool (Inggris)

@eropa.panduanwisata

Gereja terbesar dan termegah selanjutnya yaitu adalah Cathedral Of Liverpool yang terletak di kota Liverpool, Inggris. Gereja ini memiliki luas yang totalnya mencapai 9.600 meter. Gereja ini juga memiliki struktur atau gaya bangunan yang khas sekali.

Dimana di bagian atas menara dari gereja ini terdapat sebuah lonceng katedral yang menjadi lonceng terbesar dan tertinggi di dunia. Dimana lonceng tersebut memiliki tinggi sekitar 219 kaki dan memiliki berat sekitar 31 ton. Lonceng ini disebut dengan Bartlett Bells.

3. Cathedral Of Seville (Spanyol)

@tripadvisor

Cathedral Saint Mary Of The See atau yang lebih dikenal dengan nama Cathedral Seville ini merupakan salah satu gereja Katedral Katolik Roma yang terbesar di Spanyol. Gereja ini pun masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO di tahun 1987.

Gereja ini juga merupakan gereja Kristen terbesar ketiga yang ada di dunia. Gereja ini selesai di bangun di abad ke 16 silam. Yang mana gereja Cathedral of Seville ini juga menjadi tempat pemakaman dari Christopher Columbus.

4. Church Of The Most Holy Trinity (Portugal)

@en.wikipedia

Gereja ini di bangun di tahun 1996 namun di tahun 2004 di bangun kembali dan diperbaiki kembali. Yang pada akhirnya gereja ini resmi ditahbiskan pada tanggal 12 Oktober 2007. Gereja ini tidak sama dengan mayoritas bangunan gereja lain yang ada di Eropa yang banyak memiliki kubah, melainkan gereja ini bentuknya melebar ke samping.

Gereja ini memiliki ukuran panjang sekitar 95 meter dan lebarnya yang mencapai 115 meter. Gereja Church Of The Most Holy Trinity ini bisa menampung sebanyak 9000 orang di dalamnya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Harddisk Eksternal Terbaik

5. Milan Cathedral (Italia)

@worldfortravel

Gereja terbesar selanjutnya yang ada di dunia yaitu adalah Milan Cathedral atau yang memiliki nama asli Duomo. Gereja ini terletak di kota Milan, Italia. Gereja ini sangat terkenal sekali di Eropa dan juga di seluruh dunia. Yang mana gereja ini memiliki desain bangunan yang bergaya gothik dan memang tampaknya mirip dengan bangunan katedral lain pada umumnya.

Gereja ini juga memiliki desain interior yang sangat mewah dan sangat megah sekali di dalamnya. Yang mana gereja ini juga di buka untuk umum, tak hanya untuk umat Katolik saja. Gereja ini memiliki panjang sekitar 157 meter dan lebarnya sekitar 92 meter. Gereja ini mampu menampung sekitar 40.000 jemaat di dalamnya.

6. Basilica Of Our Lady Of Lichen (Polandia)

@reddit

Gereja ini terletak di desa Lichen Stary dekat dengan Koninn, Polandia. Gereja Basilica Of Our Lady Of Lichen ini dirancang oleh seorang arsitek terkenal yang bernama Barbara Bielecka. Gereja ini di bangun dari tahun 1994 hingga akhirnya selesai di tahun 2004.

Yang mana gereja pembangunan dari gereja Basilica Of Our Lady Of Lichen ini di danai dari sumbangan-sumbangan yang berasal dari para peziarah. Gereja ini memiliki tinggi menara yang mencapai 141,5 meter yang membuatnya menjadi salah satu gereja tertinggi yang ada di dunia.

7. Church Of San Agustin (Filipina)

@polymu.smugmug

Gereja terbesar di dunia tak hanya berasal dari Eropa namun di Asia juga ada, tepatnya di Filipina. Gereja ini merupakan gereja bagi umat Katolik Roma yang ada di Filipina. Yang mana gereja ini memiliki bangunan yang sangat megah sekali yang menjadikannya sebagai gereja nomor satu di Filipina. Gereja ini juga telah di dirikan semenjak pemerintahan Spanyol di Filipina yaitu tepatnya di tahun 1710.

Di tahun 1973 gereja ini diresmikan sebagai salah satu warisan kebudayaan nasional oleh pemerintah Filipina dan di tahun 1993 gereja ini mendapatkan penghargaan dari UNESCO. Gereja ini di bangun dari bahan utama seperti batu bata dan batu karang.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Pelembab Wajah Pria Yang Bagus

8. Basilica Of Our Lady Of Aparecida (Brazil)

@en.wikipedia

Gereja ini merupakan gereja Katolik Roma terbesar yang ada di Brazil. Gereja ini di dedikasikan untuk Our Lady Apacerida yang menjadi pelindung bagi negara Brazil. Gereja ini memiliki bentuk Salib Yunani dengan panjang bagian tangannya mencapai 188 meter dan lebarnya 183 meter.

Sementara bagian kubahnya memiliki tinggi sekitar 70 meter dan tinggi menaranya sekitar 102 meter. Gereja ini mampu menampung sekitar 45.000 orang di dalamnya.

9. Cathedral Of St. John The Divine (Amerika)

@de.wikipedia

Gereja ini terletak di kota New York, Amerika Serikat. Yang mana gereja yang di bangun pada 1892 ini sudah mengalami banyak perubahan gaya radikal dan gangguan dari perang dunia.

Gereja ini pernah mengalami kebakaran hebat di tahun 2001 dan di buka kembali di tahun 2008. Gereja ini memiliki luas sekitar 11.200 meter dengan panjang bangunan mencapai 183,2 meter dan tingginya 70,7 meter.

10. St. Peter’s Basilica (Vatikan)

@tourinrome

Gereja ini merupakan gereja terbesar di dunia yang memiliki arsitektur Renaissance. Dan gereja ini dianggap sebagai tempat suci bagi umat Katolik di seluruh dunia.

Yang mana menurut tradisi Katolik gereja ini merupakan situs pemakaman Santo Petrus, yang merupakan salah satu murid Yesus yang menjadi Paus pertama di dunia. Gereja ini bisa menampung sekitar 80.000 umat di dalamnya.

Related posts: