Renungan Harian Mutiara Iman Katolik

Posted on

Renungan Iman bisa menjadi salah satu cara Tuhan untuk menyampaikan tentang bagaimana firman-Nya kepada para umat-Nya yang ada di dunia. Melalui renungan iman inilah Tuhan seolah ingin berbicara tentang apa saja pokok-pokok firman dan apa saja yang Tuhan kehendaki di dalam hidup setiap manusia.

Oleh sebab itulah membaca renungan iman ini juga terbilang cukup penting dan juga tidak ada salahnya untuk membaca renungan iman ini. Yang mana renungan iman ini akan dapat semakin memperkuat iman orang Katolik dan semakin membawa kehidupan orang Katolik untuk dapat senantiasa dekat dan berjalan dengan Tuhan.

Saat ini banyak buku-buku renungan yang bisa kalian beli atau kalian pinjam dari gereja. Yang mana isi dari buku-buku renungan tersebut berisikan tentang cerita-cerita mengenai perjalanan iman orang Katolik yang mungkin setelah membacanya kalian akan bisa mengerti tentang betapa besar-Nya dan betapa hebat-Nya kasih Tuhan di dalam hidup manusia.

Berikut ini akan saya bagikan beberapa renungan iman Katolik yang dapat menjadi referensi bacaan kalian semua.

Renungan Iman Katolik

1. Terang

@christianmessenger

“TERANG bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah”

(Kisah Para Rasul 13:47)

Referensi Ayat Alkitab :
Kis. 13:44-52; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Yoh. 14:7-14

Suatu hari pada saat sedang menunggu bus, Gading melihat ada tabrakan di jalan. Ternyata ada seorang pengendara sepeda motor yang menabrak seorang penjual gado-gado yang sedang menyeberang. Sang penjual gado-gado tersebut pun akhirnya jatuh dan gerobaknya juga roboh.

Kemudian sang pengendara motor yang menabrak penjual gado-gado itu menghampiri penjual gado-gado yang ditabraknya tadi. Bukannya malah menolong, tapi bapak pengendara sepeda motor tersebut malah menendang sang penjual gado-gado yang terjatuh tadi.

Baca Juga :  Niat Puasa Qadha

Namun Gading segera menahan kaki bapak tersebut dan berkata : “Pak bersabarlah. Bapak itu sudah jatuh, gerobaknya rubuh, masak Bapak masih mau menendangnya.” Lalu Bapak itu berkata : “Dia harus dihajar karena menyeberang tidak lihat kiri kanan.”

Gading mendekati Bapak itu dan berkata : “Iya, maafkanlah dia!” Tetapi Bapak itu berkata dengan keras : “Dia harus mengganti rugi! Dia yang salah!” Lalu Gading mengeluarkan uang seratus ribu, memberikannya dan berkata : “Sudahlah Pak. Ini Bapak ambil, dan pergilah supaya Bapak tenang.”

Setelah Bapak itu pergi, beberapa orang berkata kepada Gading yang sedang membantu penjual gado-gado itu : “Anda telah menyelamatkan bapak penjual gado-gado ini.” “Iya, dia telah menjadi Terang juga bagi penabrak tadi.” kata seorang Ibu dengan penuh semangat.

Paulus berkata : “Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi TERANG bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa KESELAMATAN sampai ke ujung bumi.”

Hidup kita adalah menjadi TERANG dan membawa KESELAMATAN bagi semua orang.

Oratio :
Ya Tuhan Yesus, Engkaulah Jalan, Kebenaran dan Kehidupan. Amin

Missio :
Marilah kita hidup dengan menjadi Terang bagi sesama.

2. Saksi-Nya

@faithsmessenger

“Mereka itulah yang sekarang menjadi SAKSI-NYA bagi umat ini”

(Kisah Para Rasul 13:31)

Referensi Ayat Alkitab :
Kis 13:26-33; Mzm 2:6-7,8-9,10-11; Yoh 14:1-6

Suatu pagi Satria sedang naik sebuah taksi online. Pada saat taksi online pesannya sudah datang, Satria segera masuk ke dalam mobil tersebut. Tyan sang supir pun langsung menyapa Satria yang baru masuk ke dalam mobilnya sambil berkata “Selamat pagi Pak. Semoga perjalanan kita senantiasa di lindungi dan di berkati oleh Tuhan”.

Baca Juga :  Contoh Spanduk Buka Puasa Bersama [GAMBAR]

Satria yang tadinya malas mengobrol pun kemudian menjawab “Pagi mas, baru kali ini saya mendengar ada supir taksi online yang sangat bersemangat, pakai doa pula.” Lalu sang supir pun menjawabnya “Bagaimana tidak mengucap syukur pak, saya tak pernah berpikir bisa memiliki mobil sendiri, bisa membantu orang tua, bisa menyekolahkan adik-adik saya. Saya mengalami kasih Tuhan setiap saat di dalam kehidupan saya. Masakan saya tidak mewartakan-Nya dengan penuh sukacita?”

Mendengar jawaban sang supir taksi online tersebut Satria pun terkejut dan ia menjawab “Hidup mas memang dikasihi oleh Tuhan.” Kemudian mereka melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi tujuan Satria.

Paulus berkata : “Dan selama beberapa waktu Ia MENAMPAKKAN DIRI kepada mereka yang mengikuti Dia dari Galilea ke Yerusalem.”

Tuhan menampakkan diri pada umat yang SETIA kepada-Nya.

Oratio :
Ya Tuhan, Engkaulah Jalan, Kebenaran dan Hidup. Amin

Missio :
Marilah kita setia BERJALAN di dalam KASIH TUHAN.

3. Karunia Roh Kudus

@thecatholicspirit

“.. tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus”

(Kisah Para Rasul 11:16)

Referensi Ayat Alkitab :
Kis 11: 1-18; Mzm 42:2-3; 43:3,4; Yoh 10:1-10

Albert dan Silas merupakan dua orang sahabat yang sedang duduk di bangku SMA. Suatu hari Albert dan Silas berjanji setelah mereka lulus SMA akan berjalan tanpa membawa makanan ke suatu desa sejauh 200 km. Kemudian mereka pun akhirnya melaksanakan janjinya tersebut setelah mereka berdua lulus SMA.

Di salah satu perhentiannya, mereka bertemu dengan seorang nenek. Lalu Albert berkata : “Malam Nenek, apakah kami boleh numpang beristirahat disini?” Dengan sedikit curiga Nenek itu bertanya : “Hmm.. kamu kelihatannya orang kaya, mengapa mau menginap disini?”

Baca Juga :  Sejarah dan 5 Fakta Menarik Bobotoh Persib

Jawab Silas : “Kami sudah lulus SMA dan kami adalah Yatim Piatu. Kami membuat kaul, bila lulus, akan berjalan selama 200 km tanpa membawa uang. Namun kami meminta kepada donatur untuk menyumbang atas Kaul kami, yang akan dipakai untuk perbaikan panti asuhan kami.”

Mendengar itu, Nenek itu terdiam, lalu mempersilakan masuk dan berkata : “Apakah yang membuat kalian berani melakukannya? Apakah yang kalian bawa?” Jawab Albert : “KASIH KARUNIA TUHAN Nek!” Nenek itu terharu dan berkata : “Cucu-cucuku kalian boleh tinggal disini. Nenek juga nanti mau ikut menyumbang untuk Panti Asuhan kalian. Apa yang kalian lakukan memang LUAR BIASA!” Silas menjawab : “Yang Luar Biasa Tuhan kita Nek.”

Petrus berkata : “Jadi jika Allah memberikan karunia-Nya kepada mereka sama seperti kepada kita pada waktu kita mulai percaya kepada Yesus Kristus, bagaimana mungkin aku mencegah Dia?”

Allah memberikan KARUNIA-Nya kepada siapapun yang percaya kepada Kristus.

Oratio :
Datanglah ya Roh Kudus dan penuhilah hati umat-Mu. Amin

Missio :
Marilah kita mewartakan KASIH Tuhan kepada setiap orang agar Allah memberikan KARUNIA-Nya.

Nah itulah tadi beberapa renungan harian iman Katolik. Semoga melalui renungan-renungan iman tersebut kita dapat kembali merenungkan tentang cinta kasih dari Tuhan Yesus kepada kita selama ini. Dan selain itu juga kita bisa menjalankan seluruh perintah dan juga firman Tuhan yang telah Tuhan firmankan di dalam hidup kita masing-masing. God Bless!!!

Related posts: