Tarian Daerah 34 Provinsi Beserta Gambarnya++

Posted on

Indonesia merupakan negeri dengan berjuta keberagaman budaya dan juga kesenian yang ada. Indonesia yang memang dihuni oleh banyak etnis grup atau suku yang tersebar mulai dari Sabang hingga Merauke ini memiliki banyak kesenian tradisional yang sangat unik dan juga sangat beragam sekali.

Oleh sebab itu tak heran jika di tiap-tiap provinsi yang ada di Indonesia pasti memiliki sebuah kesenian khas yang menjadi identitas atau ciri khas dari provinsi tersebut. Salah satu kesenian khas yang ada di masing-masing provinsi yang ada di Indonesia yaitu adalah kesenian tari tradisional.

Ya, masing-masing provinsi yang ada di Indonesia ini mempunyai kesenian tari-tarian tradisional yang sangat unik dan juga sangat khas sekali gerakannya. Yang mana tari-tarian tradisional di masing-masing provinsi di Indonesia ini memiliki fungsi atau manfaat yang berbeda-beda.

Ada tari-tarian yang fungsinya sebagai tari pergaulan sehari-hari, sebagai pemujaan kepada arwah para leluhur, maupun sebagai sarana untuk menyambut tamu kehormatan, serta masih banyak lagi fungsi tari-tarian daerah yang ada di 34 provinsi di Indonesia ini.

Berikut ini akan saya berikan nama-nama tari tradisional yang ada di 34 provinsi di Indonesia lengkap beserta gambarnya.

Tari Tradisional 34 Provinsi Di Indonesia

1. Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (Tari Saman)

@journal.momotrip

Tarian yang sangat terkenal dari provinsi Aceh yaitu adalah tari Saman. Tari Saman ini pada awalnya adalah sebuah tarian yang hanya digunakan atau difungsikan sebagai tarian permainan rakyat Aceh saja. Namun setelah Islam masuk ke wilayah Aceh sekitar abad ke 14 fungsi dari tari Saman ini selain sebagai tarian pergaulan, namun juga menjadi sarana untuk menyebarkan ajaran agama Islam waktu itu.

Baca Juga :  Penjelasan Tanda Kepangkatan POLRI

2. Provinsi Sumatera Utara (Tari Tor Tor)

@tripelaketoba

Tarian khas dari provinsi Sumatera Utara ini yaitu adalah tari Tor Tor, yang mana tarian ini adalah tarian yang berasal dari budaya masyarakat Batak. Tarian Tor Tor ini termasuk sebuah tarian yang sangat sakral, sebab hanya ditampilkan pada acara-acara tertentu saja, selain itu tarian ini juga memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi sehingga tak semua orang bisa menarikannya.

3. Provinsi Sumatera Barat (Tari Piring)

@romadecade

Salah satu tarian khas dari provinsi Sumatera Barat yaitu adalah tari piring. Tarian piring ini pada mulanya adalah sebuah tari-tarian yang ditujukan untuk membawakan persembahan kepada para dewa sebagai wujud rasa syukur terhadap musim panen yang memberikan hasil yang sangat banyak. Biasanya tarian ini ditarikan oleh perempuan dan laki-laki dengan membawa piring di telapak tangan mereka dan dengan melakukan gerakan yang lincah dan energik.

4. Provinsi Riau (Tari Zapin)

@hownesia

Salah satu tarian tradisional dari Riau yaitu adalah tari Zapin. Tari ini merupakan tarian yang berasal dari akulturasi budaya Arab dan budaya Melayu di masa lalu. Sehingga tarian ini tak hanya dikenal oleh masyarakat Riau saja, namun juga masyarakat Melayu seperti di wilayah Kalimantan, Sumatera, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

5. Provinsi Kepulauan Riau (Tari Gamelan)

@tariandaerahriau

Tarian khas dari wilayah Kepulauan Riau adalah tari gamelan. Tarian ini biasanya dipersembahkan secara ekslusif dan dipentaskan pada acara-acara besar oleh sekelompok wanita. Tari Gamelan merupakan salah satu jenis tarian Melayu Klasik yang memiliki unsur kebudayaan Jawa di dalamnya.

6. Provinsi Jambi (Tari Sekapur Sirih)

@romadecade

Tarian dari Jambi yang terkenal adalah tari Sekapur Sirih. Tarian ini merupakan jenis tari penyambutan yang biasanya ditarikan oleh sekelompok wanita. Para penari akan menggunakan pakaian adat Jambi dan akan menari dengan gerakan yang lemah lembut.

7. Provinsi Bengkulu (Tari Andun)

@sumber

Tari ini termasuk ke dalam jenis tari pergaulan yang biasanya dibawakan oleh para penari wanita. Yang mana tarian ini biasanya ditampilkan pada acara adat, acar budaya, maupun untuk menyambut tamu kehormatan.

8. Provinsi Sumatera Selatan (Tari Gending Sriwijaya)

@youtube

Tarian ini menggambarkan tentang kejayaan serta keagungan dari kerajaan Sriwijaya yang pernah berkuasa di wilayah Sumatera Selatan jaman dahulu. Tarian ini biasanya ditampilkan di acara khusus seperti untuk menyambut tamu kehormatan dan pada acara adat lainnya.

Baca Juga :  Penjelasan Lengkap Struktur Lapisan Bumi

9. Provinsi Bangka Belitung (Tari Sepen)

@warisanbudaya.kemdikbud

Tarian ini memiliki unsur pencak silat di dalamnya, yang mana sangat kental akan budaya Melayu. Hal ini bisa dilihat dari kostum, musik pengiring, dan gerakannya yang sangat kental dengan budaya Melayu.

10. Provinsi Lampung (Tari Sembah Sigeh Penguten)

@malahayati

Merupakan jenis tarian penyambutan untuk menyambut kedatangan tamu kehormatan. Namun sering kali juga ditampilkan di acara pernikahan adat Lampung dan juga pada acara adat lainnya.

11. Provinsi Banten (Tari Walijamaliha)

@meandyouculture

Tarian ini biasanya ditarikan oleh para penari wanita dengan kostum religi khas Banten. Kata Walijamaliha sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti daerah yang mempunyai kecantikan atau daya tarik.

12. Provinsi DKI Jakarta (Tari Sirih Kuning)

@tarisirihkuning

Merupakan tarian Betawi kuno yang biasanya dibawakan secara berpasangan dengan diiringi oleh musik khas Betawi, Gambang Kromong. Tarian ini biasanya digunakan untuk menyambut tamu kehormatan dan untuk memeriahkan sebuah acara.

13. Provinsi Jawa Barat (Tari Jaipong)

@id.wikipedia

Tarian ini memiliki gerakan yang sangat energik dan sangat lembut. Biasanya ditarikan oleh wanita dengan menggunakan pakaian khas Jawa Barat.

14. Provinsi Jawa Tengah (Tari Gambyong)

@sahabatnesia

Merupakan tarian tradisional dari budaya Keraton Solo yang biasanya ditampilkan pada acara besar, seperti pameran kesenian, festival kesenian, maupun penyambutan tamu besar.

15. Provinsi DI Yogyakarta (Tari Golek Ayun-Ayun)

@blogkulo

Merupakan tarian yang biasanya digunakan untuk menyambut tamu kehormatan keraton Yogya. Tarian ini bercerita tentang gadis yang telah beranjak dewasa dimana mereka sedang senang-senangnya untuk mempercantik diri mereka.

16. Provinsi Jawa Timur (Tari Reog Ponorogo)

@alampedia

Merupakan kesenian yang berasal dari wilayah Ponorogo. Yang mana biasanya terdapat 2 sosok dalam tarian Reog Ponorogo ini, yaitu Warok dan Gemblak. Tarian ini sangat kental dengan hal seperti ilmu kebatinan dan unsur mistik yang kuat.

17. Provinsi Bali (Tari Barong)

@kintamani

Tari tradisional Bali yang memakai media topeng serta kostum yang menjadi perwujudan dari makhluk-makhluk yang dipercaya oleh masyarakat Bali. Tari ini memiliki nilai spiritual dan nilai mistis di dalamnya, sehingga dianggap sebagai tarian yang sakral.

18. Provinsi Nusa Tenggara Barat (Tari Lenggo)

@budayanusantara

Merupakan tarian klasik yang berkembang di wilayah kerajaan Bima pada jaman dahulu. Tarian ini biasanya ditampilkan pada acara-acara tertentu saja.

19. Provinsi Nusa Tenggara Timur (Tari Kataga)

@frederichpekujawang

Merupakan jenis tarian perang dari wilayah Nusa Tenggara Timur yang biasanya ditarikan oleh sekelompok pria dengan pakaian adat dan dilengkapi dengan senjata seperti pedang dan perisai.

20. Provinsi Kalimantan Barat (Tari Monong)

@backpackerjakarta

Tarian yang biasanya disebut juga dengan nama tari Manang ini merupakan tarian penyambutan serta tari penolak bala yang ada di wilayah Kalimantan Barat.

21. Provinsi Kalimantan Tengah (Tari Hugo)

@senibudayasia

Merupakan tarian ritual kepada dewa agar menurunkan hujan ke bumi. Namun selain sebagai ritual tarian ini juga digunakan sebagai hiburan oleh masyarakat Kalimantan Tengah.

Baca Juga :  Asal Usul Candi Prambanan & Sejarah Roro Jonggrang

22. Provinsi Kalimantan Selatan (Tari Baksa Kambang)

@sumber

Tarian ini biasanya dimainkan oleh sekelompok penari wanita, dengan syarat harus ganjil jumlah penarinya. Tarian ini merupakan tarian klasik dari wilayah Kalimantan yang digunakan untuk menyambut tamu kehormatan.

23. Provinsi Kalimantan Timur (Tari Gantar)

@negerikuindonesia

Merupakan jenis tarian pergaulan yang melambangkan kegembiraan serta keramahtamahan suku Dayak. Biasanya penari membawa properti seperti tongkat dan bambu.

24. Provinsi Kalimantan Utara (Tari Magunatip)

@budaya-indonesia

Pada zaman dahulu tarian ini dipakai sebagai sarana untuk melatih ketangkasan kaki pada saat melompat dan menghindari rintangan.

25. Provinsi Sulawesi Selatan (Tari Kipas Pakarena)

@adat-tradisional

Adalah sebuah tarian yang biasanya dibawakan oleh wanita yang memakai busana adat khas Sulawesi Selatan yang dilengkapi dengan kipas sebagai propertinya.

26. Provinsi Sulawesi Tenggara (Tari Balumpa)

@tradisikita

Termasuk dalam jenis tari pergaulan yang biasanya ditarikan oleh sekelompok wanita.

27. Provinsi Sulawesi Tengah (Tari Pontanu)

@budayanusantara

Tarian ini menggambarkan kegiatan para wanita yang sedang menenun kain sarung khas Donggala, yang mana seringkali ditampilkan di acara penyambutan tamu, festival budaya, dan acara adat lain.

28. Provinsi Sulawesi Barat (Tari Patuddu)

@wadaya.rey1024

Biasanya ditarikan oleh sekelompok penari wanita dengan gerakan yang lemah gemulai serta membawa kipas sebagai propertinya.

29. Provinsi Gorontalo (Tari Dana-Dana)

@wadaya.rey1024

Merupakan jenis tari pergaulan masyarakat Gorontalo, yang mana biasanya tarian ini dibawakan oleh pria dan wanita. Tarian ini merupakan jenis kesenian perpaduan antara budaya Islam dengan budaya masyarakat Gorontalo.

30. Provinsi Sulawesi Utara (Tari Maengket)

@dictio

Tarian ini biasanya ditarikan secara massal baik oleh pria maupun wanita dalam acara-acara adat seperti panen raya, pertunjukan seni, dan lainnya.

31. Provinsi Maluku (Tari Lenso)

@sumber

Biasanya dibawakan oleh penari wanita dengan menggunakan sapu tangan atau selendang sebagai ciri khas atributnya.

32. Provinsi Maluku Utara (Tari Soya-Soya)

@indonesiakaya

Merupakan tarian perang dari Maluku Utara yang biasanya dibawakan oleh penari pria dengan pakaian prajurit kesultanan pada jaman dahulu.

33. Provinsi Papua (Tari Musyoh)

@sumber

Merupakan tarian ritual yang bertujuan untuk mengusir arwah orang yang sudah meninggal namun meninggalnya tidak wajar seperti kecelakaan, dibunuh, dan lain sebagainya.

34. Provinsi Papua Barat (Tari Perang)

@4shared-musik

Tarian ini menggambarkan jiwa kepahlawanan serta kegagahan masyarakat Papua. Biasanya tari ini dibawakaon oleh sekelompok pria dengan menggunakan baju adat Papua dan membawa panah sebagai senjatanya.

Related posts: