Tugas Pemimpin Gereja [5+ Tugas Utama]

Posted on

Gereja merupakan tempat persekutuan untuk orang-orang percaya yang tinggal di dalam Kristus. Gereja menjadi tempat bagi orang-orang percaya untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Jemaat mula-mula lahir dari sebuah gereja yang kecil dan sederhana. Dimana pada waktu itu jemaat mula-mula saling berkumpul dan bersatu untuk mengadakan persekutuan di dalam Tuhan Yesus.

Sebab seperti yang dikatakan oleh Alkitab, yaitu apabila ada 2 atau 3 orang yang berkumpul dan bersekutu maka Tuhan ada di tengah-tengah mereka. Dari sinilah kelahiran gereja mula-mula di dunia ini. Kehidupan jemaat mula-mula yaitu adalah mereka saling bersekutu di rumah-rumah orang yang percaya secara bergantian dan mereka memecahkan roti dan membagi berkat satu sama lain.

Seiring dengan semakin meluasnya penyebaran firman Tuhan dan semakin banyaknya para pengikut Kristus maka kini lahirlah gereja seperti yang sekarang kita kenal. Yang mana gereja bukan hanya sebagai tempat untuk beribadah saja, namun gereja juga telah menjadi sebuah wadah organisasi bagi para umat Kristen maupun Katolik di dalamnya.

Seperti yang kita semua ketahui bahwa yang namanya organisasi pasti di dalamnya terdapat struktur kepengurusannya. Pun demikian dengan gereja, yang mana di dalam sebuah gereja juga terdapat struktur kepengurusannya masing-masing. Di gereja juga memiliki seorang pemimpin yang bertugas untuk memenuhi panggilannya untuk menggembalakn gereja Tuhan seperti yang Tuhan perintahkan.

Lalu apakah tugas seorang pemimpin gereja ini hanya menjadi gembala bagi para jemaatnya dan memimpin jemaatnya saja? Tentu tidak sebab masih banyak tugas dan kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin gereja. Berikut ini akan saya berikan beberapa tugas utama yang dimiliki oleh seorang pemimpin gereja.

Tugas Pemimpin Gereja

1. Sebagai Pemimpin Rohani

@rubrikkristen

Tugas utama dari seorang pemimpin gereja yaitu ialah sebagai seorang pemimpin rohani dan sebagai seorang gembala bagi para jemaatnya. Hal ini sama seperti yang telah dicontohkan oleh Tuhan Yesus kepada para pengikut-Nya. Yang mana untuk menjadi seorang pemimpin rohani dan menjadi gembala bagi para jemaat bukanlah sebuah tugas yang gampang.

Sebab seorang pemimpin gereja yang bertindak sebagai gembala jemaatnya harus bisa menuntun jemaatnya menuju ke jalan yang benar yang sesuai dengan apa yang telah dikehendaki oleh Allah yang telah tertulis di dalam Alkitab. Oleh sebab itulah seorang pemimpin gereja ini harus bisa memiliki hidup yang mencerminkan Kristus di dalamnya.

Di dalam kehidupannya seorang pemimpin gereja harus bisa menunjukkan kasih Kristus, menunjukkan iman yang berasal dari Tuhan Yesus, dan memberikan contoh dan teladan yang baik sesuai dengan perintah Tuhan kepada para jemaatnya.

2. Memelihara, Melindungi, dan Mengayomi

@christianitytoday

Selain bertugas untuk menuntun para jemaat yang di pimpinnya, seorang pemimpin gereja juga harus mampu untuk bertanggung jawab terhadap para jemaatnya. Disinilah peran sang pemimpin gereja ini sangat diperlukan oleh jemaat.

Sebab pemimpin gereja juga harus dapat menjadi pelindung bagi para jemaatnya dari ancaman-ancaman iblis yang bisa saja masuk ke dalam gereja yang dapat membuat kuasa kegelapan tumbuh dan berdiam di dalam Bait Allah. Seorang pemimpin gereja harus dapat memberikan perlindungan berupa firman-firman Tuhan yang teguh dan kuat untuk menghalau segala macam kuasa jahat yang dapat masuk ke dalam gereja.

Seorang pemimpin gereja disini juga bertugas untuk memelihara jemaatnya dengan cara memberikan mereka makanan rohani berupa firman Tuhan yang disampaikan di dalam gereja. Selain itu seorang pemimpin gereja juga harus bisa mengayomi jemaatnya tanpa terkecuali.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Inspiratif Yang Penuh Motivasi [Menjadi Sukses]

3. Melakukan Pengawasan

@newstpaulchurch

Tugas seorang pemimpin gereja yang lain yaitu adalah untuk selalu berjaga-jaga. Berjaga-jaga disini maksudnya yaitu ialah bagi seorang pemimpin gereja ini harus selalu mengontrol dan melakukan pengawasan bahwa visi serta misi gereja dijalankan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Sehingga gereja dapat bertumbuh di dalam Kristus dan dapat berkembang lebih maju dan bisa memenangkan banyak jiwa-jiwa baru di dalam Tuhan Yesus.

Selain melakukan pengawasan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan visi dan misi gereja, seorang pemimpin gereja juga memiliki tugas untuk selalu mengawasi para jemaatnya. Mengawasi para jemaat disini bukan berarti bahwa seorang pemimpin gereja harus menjadi mata-mata yang selalu mengikuti setiap gerak gerik jemaat.

Namun mengawasi jemaat disini berarti bahwa seorang pemimpin harus mengerti kondisi setiap jemaatnya. Apabila ada jemaat yang kelihatan mulai tidak aktif di dalam gereja dan sering bolos gereja, maka sang pemimpin gereja harus bisa menanyakan mengapa jemaat tersebut tidak aktif di dalam gereja. Dan apabila ada seorang jemaat lain yang mungkin mengalami kesusahan dan kesulitan di dalam beban hidupnya, maka seorang pemimpin gereja juga harus peduli dengan hal ini.

4. Bertekun Dalam Doa

@mikelivingstone

Doa merupakan nafas hidup orang Kristen, oleh sebab itu setiap orang Kristen tentu harus selalu bertekun di dalam doa tanpa terkecuali. Begitupun dengan seorang pemimpin gereja. Tugas utama seorang pemimpin gereja yang sebenarnya yaitu adalah bertekun di dalam doa kepada Tuhan.

Seorang pemimpin gereja harus selalu memiliki hubungan yang intim dan dekat dengan Tuhan. Sebab seorang pemimpin gereja menjadi seorang pemimpin bagi para jemaatnya yang memiliki pengharapan di dalam Tuhan. Seorang pemimpin gereja pun tak hanya bertanggung jawab atas kehidupannya pribadi maupun kehidupan keluarganya.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Film Tentang Musik Terbaik dan Menginspirasi

Namun lebih dari itu seorang pemimpin gereja juga bertanggung jawab terhadap kehidupan para jemaatnya. Tentang bagaimana hubungan para jemaatnya dengan Tuhan dan bagaimana agar para jemaatnya senantiasa dapat hidup benar sesuai dengan firman Tuhan.

5. Sebagai Wakil Tuhan Di Bumi

@ministrytodaymag

Seorang pemimpin gereja menjadi wakil Allah di bumi ini bagi para jemaatnya. Oleh sebab itulah seorang pemimpin gereja harus dituntut untuk dapat hidup dengan menunjukkan pribadi Kristus di dalam dirinya. Tugas utama seorang pemimpin gereja yaitu adalah menggembalakan domba-domba Allah yang ada di dunia ini dan membawanya kepada Tuhan, apabila ada domba yang terhilang dan tersesat maka sang gembala harus segera mencarinya dan membawanya kembali.

Menjadi pemimpin gereja juga tak hanya bertanggung jawab kepada gereja saja, namun juga bertangung jawab kepada lingkungan yang ada di sekitarnya. Seorang pemimpin gereja juga harus aktif di dalam kehidupan bermasyarakat dan menjadi contoh bagi orang-orang yang belum mengenal Tuhan. Sehingga orang di luar gereja yang belum mengenal Tuhan bisa melihat kasih Kristus dan cinta Tuhan Yesus di dalam diri anak-anak-Nya.

Related posts: